Lengkap | Contoh Ucapan Pernikahan

Ucapan pernikahan yang tulus Anda diberikan kepada mempelai saat keduanya telah resmi menjadi sepasang suami istri, merupakan satu sikap yang bijak.

Sampaikan betapa bahagianya Anda atas pernikahan mereka, dan katakan bahwa Anda selalu mendo’akan untuk kebahagiannya.

Hal ini bisa Anda lakukan kepada sahabat, saudara atau bahkan orang lain sekalipun.

Ungkapan “happy wedding” adalah hal yang sangat sederhana. Namun dampaknya akan sangat terasa bagi mereka yang menikah.

Mereka akan merasa sangat bahagia dan tersanjung dengan ucapan pernikahan seperti itu. Terlebih jika pengantinnya adalah orang yang memang dekat dengan Anda, misalnya sahabat Anda.

Pernikahan selalu menjadi sesuatu yang sakral dalam kehidupan manusia. Normalnya, setiap pasangan yang menikah tentu berharap itu adalah pernikahan pertama sekaligus yang terakhir untuk mereka.

Tak ada yang bermimpi bisa beberapa kali menikah, kecuali memang “tidak waras”.

Nah, sebagai seorang teman atau sahabat terdekat dari mempelai yang baru menikah, tentu saja Anda harus ikut merasakan kebahagiaan mereka.

Jangan karena mereka sudah punya pasangan tetap, sementara Anda masih jomblo, Anda jadi tidak ikut berbahagia.

Bagaimanapun kebahagiaan mereka juga kebahagiaan Anda. Kesedihan mereka juga kesedihan Anda. Itulah sosok sahabat sejati yang tak pernah lekang oleh waktu.

Salah satu ungkapan kebahagiaan Anda sudah tentu dengan mendatangi pernikahan mereka. Tak hanya sekadar datang dan mengucapkan selamat, sebuah kado istimewa juga pantas untuk Anda berikan kepada kedua mempelai.

Pastikan kado pernikahan adalah yang terbaik dan punya manfaat besar bagi mereka.

Sebagai sahabat, Anda tentu sudah tahu apa yang menjadi kesukaan mereka. Sehingga hal ini seharusnya tidak sulit bagi Anda.

Jangan lupa juga untuk selalu memberikan do’a pernikahan untuk mereka.

Atau berikanlah kata-kata mutiara pernikahan agar menjadi penyemangat bagi mereka dalam mengarungi bahtera rumah tangga.

Nah, soal kata-kata mutiara ucapan pernikahan untuk sahabat terbaik Anda, saya sudah siapkan sejumlah inspirasinya.

Saya juga telah merangkumnya dengan lengkap tentang ucapan pernikahan Islami, Kristen, lucu, simple, ucapan pernikahan untuk mantan, bahkan hingga ucapan selamat menikah dalam bahasa Inggris.

Contoh Ucapan Pernikahan yang Layak diberikan bagi Pasangan Menikah

ucapan pernikahan terbaik

A. Ucapan pernikahan untuk sahabat

Bagi sahabat Anda yang menikah, mungkin saja teman Anda akan merasakan kebahagiaan yang luar biasa ketika Anda datang dan langsung mengucapkan selamat bagi kedua mempelai.

Jika Anda bingung memilih kata-katanya, simak beberapa contoh ucapan pernikahan yang bisa Anda tiru seperti berikut ini:

1. Sahabat, sebuah pernikahan bisa membuat seseorang menjadi lebih dewasa. Membuat orang tahu bahwa hidup itu tidak hanya satu warna. Tetapi dua warna yang berbeda tapi bisa menyatu. Selamat menempuh hidup baru.

2. Takdir kalian telah ditentukan. Takdir juga yang mempertemukan kalian dalam satu pelaminan.

Kebersamaan dalam menggapai taqwa adalah jalinan cinta suci yang hakiki. Kayuhlah segera bahtera rumah tangga kalian dengan penuh cinta dan kasih.

Niatkan pernikahan kalian karena Allah dan Rasul-Nya. Karena jalan yang indah akan segera terbentang di hadapan kalian.

3. Harapan-harapan terbaik dariku selalu untukmu, sahabatku. Termasuk harapan bisa melihat kalian langgeng sampai maut memisahkan.

Semoga cinta kalian berdua tumbuh semakin kuat selagi kalian membangun kehidupan baru bersama-sama. Selamat menikah, sahabatku!

4. Cinta memang tak pernah mengenal apa dan siapa.

Cinta tak pernah mengenal ras, agama, maupun golongan. Hanya cinta yang bisa melintas semua batas di dunia ini. Dulu kamu masih begitu polos, kini kamu siap menjadi ibu.

Terimalah doaku ini sahabat, semoga bahagia selalu menyertai kamu dan keluargamu sampai akhir hayat.

5. Semoga kehidupan pernikahanmu semengagumkan dan seajaib kisah cintamu sebelum kalian memutuskan untuk bersatu.

Menciptakan sebuah kisah indah yang akan selalu menarik diceritakan kepada cucu. Selamat menikah!

6. Sungguh, kerajaan cinta penuh asmara itu benar-benar nyata.

Itu semua sudah kalian buktikan dalam pernikahan ini. Kalian sudah jadi raja dan ratu yang duduk disinggasana agung kerajaan cinta itu. Saatnya kalian membangun istana cinta yang megah dan penuh dengan gairah.

Semoga kebahagiaan kalian tidak pernah menemukan akhir. Selamat menempuh hidup baru.

7. Selama ini aku selalu mengagumi kalian berdua. Karena kalian adalah bukti nyata bahwa cinta sejati ada. Do’a terbaikku untuk kalian berdua.

Selamat menikah, teman! Semoga langgeng sampai kakek nenek.

8. Cinta itu sangatlah indah, sahabat. Dan keindahan tersebut telah terbukti nyata pada hari pernikahanmu. Selamat menikah sahabat, aku menyayangimu!

Jaga pernikahan kalian sampai maut memisahkan.

9. Pencarianmu telah berakhir. Kini kamu telah memiliki seseorang yang paling kamu inginkan dalam hidupmu. 

Semoga kalian jadi pasangan langgeng dan bahagia. Selamat menempuh hidup baru, sobat.

10. Pernikahan ini adalah awal perjalanan cinta kalian yang sesungguhnya.

Sama-sama membangun cinta dalam satu atap berdua, mengarungi samudera kehidupan yang sejati. Semoga jadi keluarga yang penuh kebahagiaan, penuh cinta dan dianugerahi keturunan yang mampu membanggakan kedua orang tua, Aamiin.

Selamat menempuh hidup baru untuk kalian berdua.

11. Bila cinta telah datang, hati pun akan menjadi tenang. Dan tumbuhlah semua harapan tentang indahnya cinta.

Yakinlah perjodohan kalian berjalan atas kehendak-Nya. Bukan semata karena perjuanganmu untuk bisa mendapatkan dirinya. Tapi karena kalian memang sudah ditakdirkan untuk bersama.

Selamat berbahagia untukmu, atas pernikahanmu..

12. Sebuah kebahagian yang sangat luar biasa saat melihat kalian berdua saling berpegangan tangan di pelaminan.

Melihat kalian melangsungkan akad nikah sebagai awal cinta sejati kalian yang sempurna.

Do’aku untuk kalian berdua, semoga pernikahan kalian kekal sampai ke anak cucu, serta berakhir saat kematian memisahkan. Selamat menempuh hidup baru kawan terbaikku.

B. Ucapan pernikahan Islami bahasa Arab

Ungkapan rasa sekaligus ucapan selamat menikah selalu diajarkan disetiap agama yang dianut. Hal inilah sebagai bukti bahwa ucapan yang ditujukan untuk kebahagiaan adalah sesuatu hal yang baik.

Dan di bawah ini adalah beberapa contoh ucapan pernikahan dalam Islam:

1. Sahabat, do’a yang terbaik untukmu adalah do’a Rasulullah SAW kala pernikahan Ali Bin Ali Thalib dan Fatimah:

“Semoga Allah SWT menghimpun yang terserak berasal dari keduanya, memberkati mereka berdua, kiranya Allah meningkatkan kualitas keturunan mereka.

Menjadikan sebagai pembuka pintu rahmat, sumber ilmu, sumber hikmah, serta pemberi manfaat bagi umat.”

2. بَارَكَ اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِي خَيْرٍ

Barakallahu laka, wa baraka ‘alayka wa jama’a baynakuma fii khayr.

Artinya: “Mudah-mudahan Allah memberkahimu, baik ketika senang maupun susah dan selalu mengumpulkan kamu berdua pada kebaikan.” (HR. Abu Dawud).

3Barakallahu lakum wa baraka’alaikum.

Artinya : “Semoga Allah memberi kalian keberkahan dan melimpahkan atas kalian keberkahan”.

4. اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُمْ، وَارْحَمْهُمْ، وَبَاِرِكْ لَهُمْ فِيْمَا رَزَقْتَهُمْ

Artinya : Ya Allah, ampunilah mereka, sayangilah mereka dan berkahilah mereka pada apa-apa yang Engkau karuniakan kepada mereka” (HR. Ahmad IV/187-188).

C. Kata dan ucapan pernikahan lucu dan unik

Ucapan-ucapan pernikahan lucu di bawah ini yang sering dilontarkan seorang sahabat terhadap sahabat lainnya yang baru menikah. Dan mereka masih pengantin baru.

1. Halo bro, selamat bahagia yee.

Jangan lupa kabarin ane tentang kebahagian ente di malam hari. Siapa tau bisa bikin ane secepatnya ikutin jejak ente 😀

2. Gue pikir lo bohong tentang pernikahannya. Wah bikin ngiri gue aja ni.. Gue kapan ya..?

Tapi gue bahagia ko, ternyata gue masih bisa hadir di acara pernikahan lo.. Selamat menempuh hidup baru.

3. Sebetulnya ini yang saya suka. Tiba-tiba kamu sudah menikah saja.

Selamat ya, semoga segera diberikan momongan yang lucu dan bisa membanggakan orang tuanya kelak.

4. Saya gak nyangka kalau kamu ternyata memang laki-laki sejati. Buktinya, sekarang malah kamu duluan yang menikah. Selamat menikah ya bro.

Jangan lupa ajarin saya cara cepat dapetin jodoh..

5. Dulu kita masih sering ke salon bareng, ke mall juga bareng. Tapi sekarang kepelaminan kok enggak bareng sih, hehehe..

Happy wedding ya say, semoga bahagia dunia akhirat sampai maut memisahkan. Love you all..

D. Kalimat serta ucapan pernikahan Bahasa Inggris

1. My greatest wish for the two of you is that through the years. Your love for each other will so deep and grow. That years from now you will look back on this day.

Your wedding day, as the day you loved each other the least.

2. Congratulations on your marriage to my friend, hopefully with your marriage this will make you much more mature and become the best role model for your children in the future, Amin.

3. May your love continue to grow each and every year. Best wishes on your wedding

4. Today you start this new journey in your life. Let it be fantastic, crazy and wonderful, unbelievable and unforgettable.

5. On this special day, may the fond memories of the past, and the laughter of the present, become the fragrance of tomorrow.

E. Ucapan pernikahan untuk mantan

1. Betapa cerahnya hari ini. Sepertinya alam pun merestui pertalian kalian di bawah mahligai cinta. Kalian adalah pasangan yang special.

Cinta diantara kalian sudah mempunyai kebaikan bagi semua orang. Cinta yang bersatu di bawah restu alam semesta. Selamat menempuh hidup baru.

2. Jujur, ada yang terisiris pedih direlung hati saya. Tapi semua itu akan kupatahkan ketika saya tahu, bahwa kalian tetap bersama dan bahagia selamanya. Selamat menikah ya..

3. Saya tidak tahu kalau perasaan saya hari ini adalah sedih atau bahagia.

Tapi yang saya bisa pastikan, bahwa hati saya melihat kalian adalah pasangan yang serasi. Karena itulah, jagalah diri kalian dan rumah tangga kalian. Saya akan selalu mendo’akannya.

4. Saya belum tentu mampu membahagiakan kamu. Dan saat ini, ada orang yang saya lihat begitu mencintaimu sepenuh hatinya. Pernikahan ini adalah yang tebaik buat kamu dan pasangan kamu.

Yakinlah dan cintailah sepenuh hati suami kamu. Saya ikut bahagia. Selamat menempuh hidup baru..

5. Janur kuning ini adalah bukti bahwa kamu sudah menikah dengannya. Dengan tulus ikhlas, aku sampaikan selamat menempuh hidup baru untukmu.

Dengan penuh keikhlasan kudo’akan semoga kehidupanmu kelak akan bahagia selamnya.

6Selamat menempuh hidup baru. Semoga kalian menjadi keluarga SaMaWa dan jika kelak memiliki putra-putri, mereka akan tumbuh menjadi anak yang berbakti kepada orangtuanya. Amin.

7. Izinkan aku menyampaikan ucapan selamat atas pernikahanmu.

Dengan sepenuh hati, aku turut mendoakan agar keluargamu kelak selalu memperoleh kebahagiaan dan Allah juga memberikan nikmat yang tiada henti kepadamu dan keluarga. Amin.

8. Bisa melangsungkan pernikahan dengan orang yang sangat kamu cintai adalah berkat dan hadiah dari Tuhan yang sangat indah.

Hargailah dan ingatlah selalu, pernikahan ini adalah sebuah anugerah. Selamat menempuh hidup baru.

9. Pada hari pernikahanmu, kamu dan dia saling mendeklarasikan cinta. Aku terharu sekaligus sangat bahagia melihatnya.

Teruslah bahagia sepanjang kehidupan pernikahanmu, dan aku akan selalu mendo’akan untuk kebahagiaan kalian.

Selengkapnya:

F. Ucapan pernikahan Kristen

Bukan hanya di ajaran Islam saja bahwa setaip insan diwajibkan untuk saling menghargai dan menanamkan kebaikan.

Dalam agama lainpun demikian halnya.

Ucapan pernikahan dalam Kristen ini adalah salah satu contoh ajaran kebaikan yang patut diamalkan. Seperti contoh ucapan selamat menikah berikut ini:

1. Dan sekarang Tuhan telah mengabulkan harapan kalian.

Jaga selalu cinta kalian berdua. Jangan biarkan mahligai yang indah ini diracuni oleh ketidak jujuran yang dapat memisahkan kalian. Semoga pernikahan kalian berdua hanya bisa berakhir saat kematian menjemput. Amin.

2. Tuhan selalu mengajarkan kita tentang kebaikan.

Dan pernikahan merupakan satu dari beribu kebaikan dalam hidup. Jagalah cinta kalian dalam ikatan suci pernikahan ini. Dan selalu ingat Tuhan atas segala karunianya. Happy wedding..

3. “Hendaklah suami memenuhi kewajibannya terhadap isterinya, demikian pula isteri terhadap suaminya” (1 Kor 7:3).

Ingatlah selalu ayat Tuhan itu. Maka kalian akan hidup bahagia selamanya. Selamat menikah kawan..

4. “Demikian mereka bukan lagi dua melainkan satu. Karena itu, apa yang telah dipersatukan Allah, tidak boleh diceraikan manusia.”

Happy wedding bro, semoga kalian bahagia dan langgeng hingga maut memisahkan.

5. Waktu berlalu dengan cepat dan lihatlah, sekarang kamu sudah siap menempuh kehidupan baru. Kehidupan yang akan membuat kamu menjadi sosok yang lebih dewasa. Aku turut bahagia untuk itu.

Selamat menikah, Tuhan selalu menjaga kalian. Amin

G. Ucapan pernikahan Simple

Tidak harus banyak kata saat menyampaikan ucapan selamat berbahagia bagi pasangan menikah. Cukup dengan kata dan bahasa yang simple saja, itu sudah cukup.

Yang paling penting, bagaimana ketulusan Anda saat mengungkapkan kata-kata pernikahan tersebut.

Di bawah ini adalah beberapa contoh ucapan happy wedding yang simple.

1. Selamat menempuh hidup baru sahabatku. Akhirnya kamu kini sudah tak sendirian lagi.

2. Selamat menikah ya, jaga cinta dan hati kamu hanya untuk pasangan kamu. Semoga kalian selalu bahagia.

3. Yakinlah dengan pilihan hati kamu. Kalian telah resmi menjadi suami istri. Berdo’alah selalu untuk kebaikan rumah tangga kalain. Akupun akan selalu mendo’akannya untuk kalian. Selamat menempuh bahtera rumah tangga.

4. Selamat atas pernikahanmu. Mulai hari ini kamu diberi bahu lain untuk bersandar, Semua yang terbaik untukmu dan keluarga barumu selamanya, amin.

5. Saya ikut bahagia atas pernikahan kamu. Semoga kalian menjadi keluarga yang Sakinah, Mawadah dan Warrahmah, amin.

Demikian adalah kumpulan dan contoh kata-kata pernikahan yang diucapkan untuk teman atau kerabat ketika mereka menikah.

Ucapan selamat seperti di atas hendaknya selalu diungkapkan ketika Anda datang pada acara sakral pernikahan.

Dengan cara itu, diharapkan ucapan pernikahan tadi bisa menjadi motivasi dan kebahagiaan bagi pasangan pengantin dalam mengarungi bahtera rumah tangganya.

Semoga bermanfaat.

Leave a Comment