Kertas Kraft Adalah

Asep Zefhy

kertas kraft adalah



(Paper Craft) Kertas Kraft adalah salah satu jenis kertas yang paling sering dipilih sebagai bahan untuk membuat paper bag atau bisa juga digunakan untuk undangan pernikahan.

Kertas kraft memiliki tekstur yang kasar pada permukaannya. Namun justru karena tekstur kasarnya, jenis kertas ini terkesan istimewa. Ada nuansa klasik yang didapat disana, terutama pada kraft warna coklat.

Kertas ini dibuat dari serat kayu yang tidak diolah dengan baik.

Serat kayu yang digunakan dalam pembuatan kertas kraft biasanya berasal dari pohon pinus atau jenis pohon lainnya yang memiliki serat kayu yang kuat dan tebal.

Proses pembuatan kertas kraft melibatkan penggunaan kandang bubur yang memproses serat kayu menjadi pulp, kemudian pulp tersebut dijalankan melalui mesin kertas untuk menghasilkan kertas kraft.

Kertas kraft memiliki sifat yang sangat kuat dan tahan terhadap air dan bahan kimia, sehingga sering digunakan untuk pembuatan kantong kertas, bungkus makanan, kertas pembungkus hadiah, dan berbagai produk kertas lainnya yang memerlukan kekuatan dan ketahanan yang baik.

Baca : Jenis Kertas Undangan Pernikahan yang Paling Populer

Selain itu, kertas jenis craft juga dapat didaur ulang dan ramah lingkungan.

Keunggulan serta Kelemahan Kertas Kraft

Keunggulan

Kertas ini memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan jenis kertas lainnya. Beberapa keunggulan tersebut antara lain:

Kekuatan :

Kertas kraft sangat kuat dan tahan lama sehingga sering digunakan untuk membuat kantong kertas, bungkus makanan, dan bungkus hadiah yang memerlukan ketahanan dan kekuatan yang baik.

Tahan terhadap air dan bahan kimia :

Kertas kraft memiliki sifat yang tahan terhadap air dan bahan kimia, sehingga sering digunakan untuk membuat kemasan makanan dan minuman.

Ramah lingkungan :

Kertas kraft dibuat dari serat kayu yang berasal dari pohon yang ditanam khusus untuk tujuan pembuatan kertas. Selain itu, kertas kraft juga dapat didaur ulang dan tidak menghasilkan polusi.

Harga yang terjangkau :

Harga kertas kraft relatif lebih murah dibandingkan dengan jenis kertas lainnya, sehingga sering digunakan dalam industri kemasan dan pengiriman.

Meskipun demikian, kertas kraft juga memiliki beberapa kelemahan, seperti :

Kelemahan/ Kekurangan

Permukaan kertas tidak halus dan kurang bersih sehingga kurang cocok untuk jenis kertas yang membutuhkan permukaan yang halus dan rata, seperti kertas printer dan kertas foto.

Namun, kelebihan kertas kraft dalam hal kekuatan dan ketahanan terhadap air dan bahan kimia menjadikannya sangat berguna dalam berbagai keperluan industri.

Selain itu, kertas kraft juga memiliki berbagai varian atau jenis, tergantung pada bahan bakunya dan penggunaannya.

Jenis Kertas Craft

Beberapa jenis kertas kraft yang umum dijumpai antara lain:

Kertas kraft berlapis (duplex) :

Kertas kraft ini memiliki dua lapisan, yaitu satu lapisan kertas kraft dengan permukaan kasar dan satu lapisan kertas yang lebih halus dan bersih. Kertas kraft berlapis biasanya digunakan untuk membuat kotak dan kemasan barang.

Kertas kraft laminasi :

Kertas kraft laminasi adalah kertas kraft yang dilapisi dengan bahan lain, seperti aluminium foil, polietilen, atau film plastik. Kertas kraft laminasi ini memiliki sifat yang lebih tahan air dan tahan bocor, sehingga sering digunakan untuk membuat kemasan makanan dan minuman.

Kertas kraft bergelombang (corrugated) :

Kertas kraft bergelombang adalah kertas kraft yang memiliki struktur berlapis-lapis dan bergelombang di antara lapisan-lapisannya. Kertas kraft bergelombang ini biasanya digunakan untuk membuat kotak kemasan dan karton bergelombang.

Kertas kraft berwarna :

Kertas kraft juga dapat diberi pewarna untuk mendapatkan warna yang diinginkan. Kertas kraft berwarna ini sering digunakan untuk membuat kemasan hadiah dan kemasan makanan.

Dalam penggunaannya, kertas kraft dapat dicetak atau diberi desain sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, kertas kraft juga dapat digunakan sebagai bahan dasar untuk kerajinan tangan, seperti origami, scrapbooking, dan pembuatan kartu ucapan.

Penggunaan kertas kraft tidak hanya terbatas pada industri kemasan dan kerajinan tangan.

Contoh Industri yang Menggunakan Bahan Kertas Kraft

Beberapa industri lainnya juga menggunakan kertas kraft untuk berbagai aplikasi, seperti :

Industri konstruksi :

Digunakan untuk memperkuat beton dalam bentuk serat kertas, sehingga beton menjadi lebih kuat dan tahan lama.

Industri furnitur :

Digunakan untuk melapisi furniture, seperti meja, lemari, dan rak buku. Kertas model ini memberikan tampilan yang alami dan dapat diwarnai sesuai dengan selera.

Industri pertanian :

Digunakan untuk membuat kantong kertas yang digunakan untuk mengemas produk pertanian, seperti beras, jagung, dan biji-bijian lainnya.

Industri otomotif :

Digunakan sebagai bahan isolasi pada bagian-bagian mesin kendaraan untuk mengurangi panas dan suara.

Industri perkapalan :

Digunakan untuk membuat pelapis dan penahan kelembaban di kapal, sehingga kapal lebih tahan terhadap air dan cuaca.

Secara keseluruhan, kertas kraft adalah jenis kertas yang sangat serbaguna dan digunakan dalam berbagai industri.

Dalam beberapa dekade terakhir, kertas kraft juga menjadi semakin populer karena sifatnya yang ramah lingkungan dan dapat didaur ulang.

Kesimpulan

Sebagai kesimpulannya bahwa kertas kraft adalah jenis kertas yang terbuat dari serat kayu yang berasal dari pohon yang ditanam khusus untuk tujuan pembuatan kertas. Juga memiliki berbagai keunggulan, seperti kekuatan dan ketahanan terhadap air dan bahan kimia, serta harga yang terjangkau.

Kertas kraft juga memiliki beberapa jenis, antara lain kertas kraft berlapis, kertas kraft laminasi, kertas kraft bergelombang, dan kertas kraft berwarna.

Penggunaannya tidak hanya terbatas pada industri kemasan dan kerajinan tangan, tetapi juga digunakan dalam berbagai industri lainnya, seperti konstruksi, furnitur, pertanian, otomotif, dan perkapalan.

Dalam beberapa dekade terakhir, kertas kraft semakin populer karena sifatnya yang ramah lingkungan dan dapat didaur ulang.

Baca : Jenis Kertas yang Populer di Percetakan

Penting untuk diingat bahwa penggunaan kraft juga memiliki dampak lingkungan, seperti penggunaan sumber daya alam, emisi gas rumah kaca, dan limbah yang dihasilkan selama proses pembuatan.

Oleh karena itu, seiring dengan meningkatnya kesadaran akan isu lingkungan, banyak perusahaan kertas yang berkomitmen untuk mengurangi dampak negatif dari produksi kertas kraft dengan mengadopsi praktik-praktik yang lebih berkelanjutan, seperti menggunakan sumber daya yang lebih efisien, mengurangi limbah, dan mengurangi emisi gas rumah kaca.

Selain itu, sebagai konsumen, kita juga dapat berperan dalam mendukung produksi kertas kraft yang lebih berkelanjutan dengan memilih produk kertas kraft yang memiliki sertifikasi lingkungan, seperti Forest Stewardship Council (FSC) atau Programme for the Endorsement of Forest Certification (PEFC).

Kita juga dapat mengurangi penggunaan kertas kraft dengan mengurangi pembelian produk kemasan sekali pakai dan memilih untuk menggunakan wadah kemasan yang dapat digunakan kembali atau didaur ulang.

Secara keseluruhan, kertas kraft adalah jenis kertas yang serbaguna dan digunakan dalam berbagai industri. Namun, penting untuk diingat bahwa penggunaannya juga memiliki dampak lingkungan yang perlu diperhatikan.

Dengan memilih produk kertas kraft yang lebih berkelanjutan dan mengurangi penggunaan kertas ini sekali pakai, kita dapat berkontribusi dalam menjaga keberlanjutan lingkungan.

Bagikan:

Asep Zefhy

“Hanya seorang penikmat senja“

Leave a Comment