Pilih Jenis Undangan Pernikahan Fisik atau Digital?

Asep Zefhy

jenis undangan pernikahan



Ada dua jenis undangan pernikahan yang bisa dipilih saat anda mulai mempersiapkan acara nikahan.

Karena undangan merupakan salah satu bagian dari persiapan pernikahan, pemilihan jenis undangan pernikahan yang cocok untuk anda adalah menjadi hal penting dilakukan jauh-jauh hari.

Saat ini, undangan pernikahan terbagi menjadi dua jenis, yaitu kartu undangan offline (fisik) dan undangan pernikahan online (digital) yang mulai trend di beberapa tahun terakhir ini.

Kedua-duanya bisa menjadi alternatif, karena pada saatnya nanti mungkin salah satunya harus anda pilih. Atau juga bisa keduanya dipilih. Tergantung kebutuhan anda.

Undangan fisik seringkali dipilih karena katanya sih terlihat lebih sopan dan meyakinkan, terutama saat anda mengundang orang-orang yang di tuakan, misalnya keluarga besar, pengurus setempat atau bahkan bos anda.

Dan undangan versi online disukai karena memang lebih praktis dan harganya relatif murah dibanding harga undangan fisik karena hemat biaya percetakan.

Silahkan sesuaikan dengan kepentingan anda di hari pernikahan nanti.

Nah, dari dua model tadi terbagi lagi menjadi beberapa macam undangan pernikahan yang semuanya akan saya uraikan secara lengkap di bawah ini.

Jenis-Jenis Undangan Pernikahan

Undangan Fisik (Offline)

Di Kreasi Undangan, sebagian besar clien memilih undangan jenis ini. Undangan fisik jauh lebih menarik dan diminati karena memang terlihat nyata bentuknya.

Memang Undangan fisik ini hanya sebatas gambar dan teks yang dicetak di atas kertas serta biasanya di desain se-cantik mungkin sesuai dengan tema pernikahan masing-masing.

Ada empat model undangan bentuk fisik yang kami sediakan, yaitu jenis undangan soft cover, hard cover dan ada juga semi hard cover (dibagian sisi tertentu soft cover, dan bagian lainnya dibuat hard)

Soft Cover

Undangan soft cover sendiri ada beragam model dan bentuk, bisa lipat dua, tiga atau bentuk lainnya yang dibuat menarik. Seperti ini contohnya:

macam-macam undangan
Undangan soft cover lipat 3 bentuk amplop
Undangan soft cover lipat 3 potrait
Undangan soft cover lipat 3 landscape

Ada banyak contoh bentuk lainnya yang belum sempat saya tampilkan. Dan pada dasarnya undangan jenis soft ini memiliki banyak varian model desain menarik.

Hard Cover

Ternyata, undangan hard cover ini juga memiliki beberapa model di dalamnya. Ada single board, double board dan triple board.

Ke tiga model undangan ini sangat diminati karena memang lebih terlihat ekslusif dibanding yang soft cover. Namun tentu saja harga untuk undangan hard ini lumayan mahal. Bahkan bisa 3x nya harga soft cover.

Namun itu sebanding dengan hasil undangan yang didapatkan.

undangan 2021
Single Board
jenis undangan terbaru
Double Board
bentuk undangan pernikahan
Triple Board

Undangan-undangan seperti ini akan terlihat lebih ekslusif dan mewah ketika seorang desain grafis berhasil memberikan paduan desain dengan warna dan gaya yang elegan.

Semi Hard Cover

Mungkin saja istilah-istilah pada undangan yang sering saya sebut di atas ini bisa jadi berbeda di tempat cetak undangan lainnya.

Undangan jenis ini dibuat karena permintaan clien atau berdasar pertimbangan budget. Biasanya harga dari undangan semi hard ini berada di antara yang soft dan hard. Ada di tengah-tengah, tidak terlalu murah, juga tidak mahal.

undangan jenis semi
Semi Hard Cover bahan Art Carton
Semi Hard Cover bahan Craft
Semi Hard Cover bahan Craft dan Jasmine

Kalau diperhatikan, ketiga contoh di atas terlihat dibagian tengahnya lebih tebal dan di sisi kiri dan kanannya hanya bahan soft saja.

Dari perpaduan tersebut maka jenis undangan ini saya beri istilah semi hard cover. Artinya adalah undangan dengan sebagian bahan kertas soft/tipis dan sebagian lainnya hard/tebal.

Seperti itulah sedikit gambaran mengenai jenis undangan pernikahan bentuk fisik, dan kita lanjut ke model undangan lainnya yang tidak kalah keren.

Undangan Digital (Online)

Makanya disebut undangan online karena memang tidak ada bentuk nyata, hanya gambar atau audio visual saja yang dibagikan melalui online. Bisa dengan WhatsApp, Facebook atau media sosial lainnya.

Hebatnya, saat ini undangan digital tengah menjadi trend dikalangan kaum milenial. Apalagi pada masa pandemi COVID 19 saat ini yang tak kunjung usai. Undangan digital menjadi sangat diminati.

Trend anak muda yang selalu eksis di media sosial juga menjadi salah satu penyebab banyaknya peminat undangan bentuk digital saat ini.

Ada tiga macam undangan digital yang bisa dipilih, yaitu dalam bentuk gambar, video (video wedding) dan dalam bentuk website atau istilah kerennya invitation web.

Ini uraian lengkapnya,

Bentuk Teks dan Gambar

Hasil desain undangan dalam format file JPG, PNG atau bahkan PDF seringkali dijadikan undangan yang dibagikan dengan cara online melalui beberapa aplikasi chat.

Dan ini salah satu cara yang paling ekonomis dan praktis dalam mengundang kerabat, teman dan lainnya.

Seperti ini contohnya:

Bentuk Gambar

Nah dari hasil desain inilah gambar undangan dibagikan. Biasanya gambar dibuat dengan resolusi tinggi agar hasil gambar tidak pecah saat dibuka di smartphone.

Tapi seiring kemajuan tekhnologi, model undangan ini juga sudah mulai lagi di tinggalkan dan beralih ke undangan pernikahan bentuk video.

Video Wedding

Video undangan pernikahan dirasa lebih mewakili dibanding undangan digital yang hanya dengan gambar dan teks saja.

Karena video bisa dibuat menjadi animasi atau video motion dengan dipadukan audio yang dapat menambah kesan resmi sebuah undangan.

Sehingga penerima undangan dapat melihat atau menonton undangan dengan lebih menarik.

Jika anda bisa edit gambar dan video, kenapa tidak di coba membuatnya sendiri?

Ada banyak contoh jenis undangan pernikahan dalam bentuk video yang bisa dijadikan refrensi di internet saat anda mencoba membuatnya.

Atau tonton contoh video undangan di bawah ini.

Video Undangan

Undangan Website

Menurut saya, undangan digital yang paling keren adalah invitation web.

Layaknya sebuah undangan pernikahan fisik, undangan digital dalam bentuk website ini terlihat lebih elegan dibanding jenis digital lainnya.

Dengan adanya fitur-fitur keren di dalamnya, undangan ini nyaris sempurna dan lebih meyakinkan ketika di share ke teman atau kerabat lainnya.

Bahkan anda bisa membuat linknya dengan domain menggunakan nama anda dan pasangan. Misalnya www.akudankamu.online. Keren kan?

Ada beberapa fitur juga yang bisa kamu lihat dalam sebuah undangan website.

  • Buku Tamu
  • Google Maps atau Waze
  • Countdown Timer
  • Gallery Photos
  • Backsound
  • RSVP

Dan banyak lagi fitur lainnya yang tidak kalah menarik. Jika penasaran, silahkan lihat demonya di bawah ini:

Oo iya satu hal yang hampir telewatkan,

Jenis undangan digital virtual saat ini bahkan lebih asik lagi, kita bisa lakukan secara live streaming dan ditonton sebanyak mungkin tamu undangan.

Dalam virtual wedding seperti ini, pengantin, orang tua pengantin, beserta tamu undangan tetap bisa merasakan experience dan momentum pernikahannya.

Sehingga bagi para orang tua tetap bisa bangga dengan pernikahan putra-putrinya. Begitupun dengan para tamu undangan, tetap akan bisa menyapa dengan tidak perlu repot datang ke acara pernikahan.

Model live ini sangat cocok di saat masa pandemi sekarang.

Acaranya seperti contoh video streaming ini :

Pernikahan Ivan dan Olivia

Demikian adalah artikel yang saya tulis tentang jenis-jenis undangan pernikahan yang bisa anda mulai siapkan dari sekarang. Model undangan manapun yang nantinya dipilih, semoga menjadi yang terbaik dalam mempersiapkan acara pernikahannya.

Jika anda kesulitan dan butuh bantuan dalam membuat undangan pernikahan, kami dari team Kreasi Undangan siap membantu anda mewujudkannya.

Silahkan hubungi kami melalui contact atau langsung klik tombol pesan Whatsapp yang ada di pojok kiri bawah.

 Tulisan ini dibuat karena terinspirasi oleh pasangan pernikahan Ivan & Olivia.
 
Terima kasih untuk mas Ivan dan mbak Olivia yang telah memesan undangan pernikahan di tempat kami dan melangsungkan pernikahan tepat di hari ini dimana saya menulis artikel ini.

Semoga mas dan mbak diberi kesehatan dan sukses selalu dalam karir. Amiin..  

Bagikan:

Asep Zefhy

“Hanya seorang penikmat senja“

Leave a Comment